journey healthy future

Senin, 11 Desember 2017

update KLB Difteri 2017 - KLB Difteri, 33 Pasien Dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Sebanyak 33 pasien penderita wabah difteri mendapat perawatan di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Hal ini diutarakan oleh Mentreri Kesehatan Nila F. Moeloek saat mengunjungi RSPI Sulianti Saroso melihat secara langsung penanganan pasien penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae.

“Saat ini jumlah yang dirawat ada 33 pasien di ruang isolasi. Memang secara klinis dicurigai difteri,” kata Menkes Nila, Senin (11/12).

Pasien itu, kata Menkes, berasal dari beberapa daerah antara lain Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Saat ini ke-33 pasien difteri masih dalam tahapan pemeriksaan laboratorium dengan menempati ruang isolasi. Dari 33 pasien itu, 22 di antaranya adalah anak-anak berusia 1-4 tahun. 

“Kami terus melakukan pengawasan kepada 22 pasien anak-anak ini, sebab antibodi mereka rendah berkisar 60 %,” jelas Menkes.

Sementara 11 orang pasien dewasa yang terserang wabah difteri lantaran daya tubuhnya menurun. Semua pasien yang ada di RSPI Sulianti Saroso rata-rata diberikan perawatan lebih kurang 10 hari. Menkes juga menjamin daya tampung RSPI Sulianti Saroso cukup untuk menerima pasien difteri.

“Saya kira cukup karena ruang isolasi untuk difteri tidak perlu ruang isolasi yang bertekanan negatif. Karena dia (menular) lewat percikan ludah dengan jarak 7 meter, penyakit ini menular bukan lewat udara. Karena itu ruang isolasi bisa dibuat, sedangkan keluarga pasien yang menunggu bisa memakai masker,” katanya.

Menkes menambahkan RSPI Sulianti Saroso ini merupakan rumah sakit yang memiliki ruang isolasinya paling baik untuk penyakit yang menyebar lewat udara. Saat ini RSPI Sulianti Saroso mempunyai ruang isolasi dengan daya tampung sekitar 100 kamar.

“Untuk penyakit difteri rumah sakit biasa pun bisa melakukan isolasi karena isolasi hanya dipisahkan saja tidak ada ruang khusus pakai tekanan negatif,” tambah Menkes.

Hingga kini setidaknya ada 11 provinsi yang melaporkan Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri. Status KLB ini, kata Menkes, akan tetap berlaku hingga kasus difteri ini selesai. Data Kemenkes hingga November 2017 terdapat 591 kasus dengan 32 kematian akibat difteri.sumber:gatra.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Surat Keterangan Akreditasi FKM UNDIP

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi tentang Akreditasi FKM UNDIP... Silahkan download file di bawah ini... file sudah saya perb...

Find Us on Facebook

Blog Archives

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors


pinjaman utang