journey healthy future

Rabu, 10 Januari 2018

10 Manfaat Serabut Jagung untuk Kesehatan

Mungkin Anda mengabaikan atau langsung membuang serabut yang menyelimuti jagung. Tahukah Anda kalau serabut jagung memiliki manfaat untuk kesehatan.

Serabut ini biasanya disebut sutra jagung. Sutra jagung mengandung stigmasterol dan sitosterol yang efektif mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Sutra jagung mengandung asam tumbuhan yang membantu memperbaiki kondisi oral dan kulit.

Selain itu, sutra jagung juga mampu mengatur kadar glukosa dalam tubuh Anda, mengobati infeksi kandung kemih, pembengkakan sistem saluran kemih, batu ginjal, diabetes, gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi, dan kelelahan.

Untuk pemanfaatannya, Anda bisa menggunakan sutra jagung yang segar atau kering. Dilansir Boldsky, Rabu, 10 Januari 2018, berikut ini 10 manfaat kesehatan sutra jagung:

1. Mengurangi gula darah
Sutra jagung sangat bagus untuk orang dengan tekanan darah tinggi dan membantu mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan kadar insulin di tubuh. Ini juga merupakan pengobatan alami yang sangat baik untuk diabetes, gagal jantung kongestif dan kolesterol tinggi, dan semacamnya.

2. Mengandung vitamin C
Sutra jagung memiliki banyak vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Sutra jagung merangsang sirkulasi darah yang penting untuk fungsi optimal semua organ vital tubuh.

3. Mengurangi gout
Gout adalah radang sendi yang berkembang pada beberapa orang yang memiliki kadar asam urat dalam darah tinggi, yang menyebabkan nyeri sendi berat. Sutra jagung dikenal bisa mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Anda bisa minum teh jagung dua kali sehari untuk mengurangi rasa sakit.

4. Membantu masalah ginjal
Teh yang terbuat dari sutra jagung adalah obat rumah yang digunakan untuk mengobati masalah ginjal. Hal ini efektif dalam mengobati kondisi yang berhubungan dengan ginjal, termasuk infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, pembengkakan sistem saluran kencing, batu ginjal, dan semacamnya.

5. Meningkatkan pencernaan
Sutra jagung membantu dalam meningkatkan pencernaan dan mengobati masalah pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa sutra jagung dapat merangsang sekresi empedu oleh hati.

6. Mengontrol pendarahan
Pendarahan sarat dengan vitamin K dan vitamin ini penting untuk mengendalikan perdarahan, terutama pada kasus wanita yang sedang hamil. Anda bisa minum teh sutera jagung untuk mengurangi pendarahan yang disebabkan luka.

7. Meredakan sakit kepala
Sutra jagung mengandung sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membantu mengurangi sakit kepala kronis. Minum teh sutera jagung akan menenangkan Anda dengan menghilangkan stres, ketegangan, memperbaiki sirkulasi, serta mengurangi kekakuan di bahu, leher dan rahang Anda.

8. Menyediakan nutrisi
Sutra jagung adalah sumber beta-karoten, riboflavin, mentol, timol, selenium, dan niasin di antara nutrisi penting lainnya. Nutrisi ini tidak tersedia di semua makanan nabati, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

9. Menurunkan berat badan
Sutra jagung rendah kalori yang membuatnya mudah membantu menurunkan berat badan. Minum teh sutra jagung akan memperpanjang perasaan kenyang, memperbaiki metabolisme tubuh, dan mengendalikan peradangan.

10. Mengobati bisul dan ruam
Sutra juga jagung digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti ruam dan bisul, serta membantu menghilangkan rasa gatal dan sakit yang disebabkan gigitan serangga ataupun goresan. Sutra jagung mengandung sifat antibakteri dan antiseptik yang membantu dalam mencegah infeksi.

Tidak ada cara mengonsumsi sutra jagung secara langsung, Anda bisa memanfaatkannya dalam bentuk teh. Cara membuat teh sutra jagung, yakni:

1. Rebus air dan masukkan sutra jagung segar ke dalamnya
2. Rebus selama beberapa menit, hingga air berubah warna kecoklatan
3. Tuang air seduhan ke dalam cangkir
4. Tambahkan sedikit perasan lemon untuk meningkatkan cita rasa.
Selamat mencoba!metrotvnews
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Surat Keterangan Akreditasi FKM UNDIP

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi tentang Akreditasi FKM UNDIP... Silahkan download file di bawah ini... file sudah saya perb...

Find Us on Facebook

Blog Archives

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors


pinjaman utang