journey healthy future

Sabtu, 07 Oktober 2017

Kemenkes: Pekerja Sehat Modal Keluarga Bahagia

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang akan jatuh pada 10 Oktober mendatang memiliki pesan penting soal pekerja. Pasalnya tema yang diangkat tahun ini adalah Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja.

Direktur Pencegahan & Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa & Napza, Kementerian Kesehatan RI, Dr dr Fidiansjah, SpKJ, MPH, mengatakan berbicara soal kesehatan tidak bisa dilepaskan dari kesehatan jiwa. Sebabnya aspek fisik dan mental pada kesehatan sangat berhubungan erat.

"Pekerja sehat adalah modal keluarga bahagia. Pribadi yang sehat terbina dari jiwa yang sehat. Karena itu penting bagi pekerja untuk tetap sehat agar keluarga bahagia," tutur dr Fidi, dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/10/2017).

Dijelaskan dr Fidi, pekerja yang sakit tidak akan bisa menghidupi keluarga. Sama saja dengan pekerja yang sehat namun keluarganya sakit, yang akan menambah beban keluarga.

"Yang bahaya lagi pekerjanya sakit, keluarga sakit juga. Inilah nantinya yang bisa menimbulkan bencana keluarga," terangnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PP-PDSKJI), dr Eka Viora, SpKJ, mengatakan bekerja sejatinya baik bagi kesehatan jiwa dibandingkan dengan menganggur. Dengan bekerja, seseorang bisa menjaga kesehatan jiwanya lebih baik.

Namun beberapa masalah seperti beban kerja berlebih, jam kerja yang panjang serta hubungan dengan rekan kerja yang buruk malah bisa membuat masalah bagi kesehatan jiwa. 

"Karena itu masalah kesehatan jiwa tidak boleh disepelekan. Pekerja juga harus sehat, dengan memerhatikan masalah kesehatan mental di lingkungan kerja," tutupnya.detik
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Surat Keterangan Akreditasi FKM UNDIP

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi tentang Akreditasi FKM UNDIP... Silahkan download file di bawah ini... file sudah saya perb...

Find Us on Facebook

Blog Archives

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors


pinjaman utang