journey healthy future

Kamis, 08 Mei 2008

Perkuat Komitmen Berantas Malaria di Indonesia

Dalam rangka Peringatan Hari Malaria Sedunia ke 1 Tahun 2008, Departemen Kesehatan RI melalui Pusat Promosi Kesehatan menyelenggarakan Lokakarya Nasional Pengendalian Malaria dengan tema "Perkuat Komitmen Berantas Malaria di Indonesia".

Komitmen berantas Malaria dikumandangkan oleh seluruh peserta lokakarya nasional pada tanggal 7 Mei 2008 bertepatan dalam memperingati Hari Malaria Sedunia yang ditetapkan setiap tanggal 25 April.

Peserta yang terdiri dari para Gubernur dan Bupati/Walikota, Para Pimpinan Instansi Lintas Sektor, Pimpinan Departemen Kesehatan, Para Pimpinan Organisasi Profesi, Para Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Para Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat, Pimpinan Dunia Swasta Mitra di bidang Kesehatan, Para Pemuka Masyarakat, dan Masyarakat Peduli Kesehatan di seluruh Indonesia.

Komitmen dan kesepakatan itu adalah :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan membebaskan setiap penduduk Indonesia dari penyakit malaria dengan mengutamakan upaya promotif, preventif dan kuratif.
  2. Secara bersama, sinergi dan kemitraan dengan semua potensi bangsa untuk memberantas penyakit malaria secara integral dalam pembangunan nasional dan daerah guna mencapai Millenium Development Goals 2015.
  3. Menggerakkan potensi sumber daya dalam mendukung pelaksanaan program pemberantasan malaria secara sinergis baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri sesuai ketentuan perundangan.
  4. Mempekuat jejaring dalam pemberantasan malaria di Indonesia dengan memanfaatkan berbagai upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dalam satu kesatuan sistem informasi penyakit menular dan pengamatan penyakit berbasis wilayah.
  5. Mengkoordinasikan, membina, dan mengawasi program pengendalian malaria di kabupaten/kota dalam wilayahnya .
Lokakarya ini juga dimeriahkan dengan diadakan pameran kesehatan sekaligus mensosialisasikan pesan-pesan Berantas Malaria, yaitu "kelambu dipasang, tidur tenang, malaria hilang".
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Surat Keterangan Akreditasi FKM UNDIP

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi tentang Akreditasi FKM UNDIP... Silahkan download file di bawah ini... file sudah saya perb...

Find Us on Facebook

Blog Archives

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors


pinjaman utang