journey healthy future

Jumat, 19 Oktober 2018

Kelahiran dengan Operasi Sesar Meningkat di Dunia

Persalinan melalui operasi sesar semakin meningkat tiap tahunnya. Iming-iming anti-sakit membuat banyak orang tertarik untuk melakukan operasi sesar saat persalinan.

Penelitian terbaru menunjukkan tingkat kelahiran lewat bedah sesar meningkat hampir dua kali lipat dari tahun 2000 hingga 2015. Pada tahun 2000, tercatat penggunaan metode sesar sebanyak 12 persen dari total kelahiran menjadi 21 persen pada 2015.
Studi yang dipublikasikan di jurnal medis The Lancet ini dilakukan dengan menganalisis data 169 negara yang dimiliki WHO dan UNICEF.

Penelitian menemukan 60 persen negara menggunakan metode sesar secara berlebihan. Sedangkan, sebanyak 25 persen negara tak bisa melakukannya sesuai kebutuhan. Penelitian ini menyimpulkan, penggunaan operasi sesar dalam kasus medis sering kali diabaikan.

Setidaknya di 15 negara, lebih dari 40 persen bayi lahir menggunakan cara operasi sesar. Tertinggi, sebanyak 58,1 persen terjadi di Republik Dominika.

Padahal, para ahli memperkirakan bahwa hanya 10-15 persen kelahiran secara medis yang memerlukan penanganan operasi sesar karena komplikasi seperti perdarahan, hipertensi, atau posisi bayi tidak normal.

"Peningkatan ini sebagian besar terjadi pada orang kaya yang menggunakannya karena tujuan non-medis. Ini memprihatinkan karena berisiko untuk ibu dan anak," ujar salah satu peneliti dari Ghent University, Belgia, Marleem Tammerman, seperti diberitakan Reuters.

Melihat tren di Brazil dan China yang banyak menggunakan metode sesar, peneliti menemukan bahwa cara ini diterapkan pada kehamilan berisiko rendah, perempuan berpendidikan tinggi, dan perempuan yang sebelumnya pernah menjalani sesar.

Peneliti juga menemukan alasan umum para perempuan meminta metode sesar yang meliputi pengalaman buruk di masa lalu, takut nyeri saat persalinan normal, dan penurunan fungsi normal. Jakarta, CNN Indonesia
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Surat Keterangan Akreditasi FKM UNDIP

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi tentang Akreditasi FKM UNDIP... Silahkan download file di bawah ini... file sudah saya perb...

Find Us on Facebook

Blog Archives

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors


pinjaman utang