journey healthy future

Sabtu, 27 Oktober 2018

Cara Alami Mencegah Batu Empedu

Endapan batu dalam kandung empedu merupakan salah satu kondisi yang banyak terjadi pada tubuh manusia. 

Batu yang besar dapat menyumbat empedu sehingga mengganggu saluran pencernaan dan menimbulkan rasa sakit yang hebat. Walau berbahaya, penyakit ini dapat dicegah secara alami dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Batu empedu merupakan gumpalan material yang terbentuk dalam kandung empedu, organ kecil di bawah hati. Organ ini berfungsi mencerna lemak dengan menyimpan dan melepaskan empedu ke usus kecil. Empedu juga membantu menghilangkan kolesterol.
Batu itu terbentuk karena tersumbatnya saluran empedu. Endapan ini dapat berupa batu kolesterol akibat kolesterol yang tak bisa dicerna dan batu pigmen yang berwarna kehitaman karena bilirubin yang berlebihan.

Kondisi batu empedu pada setiap orang dapat memiliki ukuran dan jumlah yang berbeda. Kondisi yang kecil sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, ukuran yang besar atau jumlah yang banyak dapat memicu gejala dan memerlukan operasi pengangkatan empedu. Di Indonesia tercatat lebih dari dua juta kasus per tahun.

Gejala yang timbul akibat batu empedu ini di antaranya nyeri pada perut bagian kanan atas atau punggung, gangguan pencernaan, mual, dan muntah. Orang-orang yang rentan terkena batu empedu ini meliputi perempuan, obesitas, dan orang berusia 40 tahun ke atas.

Mencegah batu empedu dilakukan secara alami dengan beberapa cara berikut ini.

1. Diet sehat
Dikutip dari Web MD, diet sehat merupakan cara terbaik untuk mencegah batu empedu. Hindari pola makan rendah kalori atau kurang dari 800 kalori setiap hari. 

Konsumsi sumber serat yang baik seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Serta, hindari terlalu banyak konsumsi lemak untuk menghindari peningkatan kolesterol dan memicu terbentuknya batu empedu. Namun, perlu diingat, terlalu sedikit lemak juga dapat menghasilkan pembentukan batu empedu.

Penelitian terbaru juga menunjukkan, konsumsi minyak zaitun setiap hari dapat mencegah perkembangan batu empedu.

2. Menurunkan berat badan bertahap
Menurunkan berat badan secara bertahap dapat mencegah pembentukan endapan di empedu. Sebaliknya, menurunkan berat badan dengan cepat justru dapat meningkatkan potensi batu di empedu.

Dikutip dari Everyday Health, orang dengan obesitas direkomendasikan untuk mengurangi 5-10 persen berat badannya setiap pekan selama enam bulan untuk mencapai berat badan ideal.

3. Olahraga
Olahraga yang teratur dapat mencegah perkembangan batu dalam empedu. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan penurunan risiko batu empedu.

Setiap orang direkomendasikan untuk setidaknya mekakukan aktivitas fisik 150 menit per minggu atau lima kali dalam seminggu masing-masing selama 30 menit untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah obesitas. CNN indonesia
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Surat Keterangan Akreditasi FKM UNDIP

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi tentang Akreditasi FKM UNDIP... Silahkan download file di bawah ini... file sudah saya perb...

Find Us on Facebook

Blog Archives

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors


pinjaman utang