journey healthy future

Senin, 22 Oktober 2018

Bahaya di Balik Kebiasaan Oles Lip Balm dengan Jari

Penggunaan pelembap bibir alias lip balm sangat disarankan untuk menghindari kondisi bibir kering, pecah-pecah dan merusak tampilan. 

Lip balm juga didesain untuk 'mengunci' kelembapan bibir sehingga udara tak akan membuatnya kering dengan cepat. 

Demi kepraktisan dan kenyamanan, sebagian produsen lip balm mengeluarkan wadah berupa tube tanpa aplikator. Cukup dengan jari dan bibir pun terselamatkan dari risiko kekeringan. 
Tak salah memang kalau jari jadi andalan paling praktis untuk mengoleskan lipbalm. Selain itu, penggunaan jari juga membuat Anda jadi lebih mudah untuk meratakan dan merasakan semua bagian bibir agar teroles lip balm dengan rata.

Akan tetapi, tubuh diintai oleh risiko kesehatan akibat penggunaan lip balm dengan jari. 

Menggunakan lip balm dengan jari artinya orang harus siap dengan masuknya beragam bakteri, virus atau mikroorganisme lain penyebab penyakit yang menular lewat jari. Menurut Elaine Larson, peneliti penyakit menular dan profesor di Columbia University, kandungan antigen pada lip balm pun tidak bisa mencegah pertumbuhan bakteri. 

"Itu tidak akan melindungi jika Anda memiliki bakteri di jari saat menggunakan lip balm," kata Larson dikutip dari Prevention (27/5). 

Tak dimungkiri, tanpa sadar jari yang sudah melalui berbagai aktivitas 'mengumpulkan' bakteri atau virus dari beragam tempat. Menyentuh gagang pintu, memegang ponsel mampu membuat bakteri Streptococcus sp atau Staphylococcus sp menempel pada jari. Adam Friedman, dermatolog di George Washington University menjelaskan bakteri staph bisa menyebabkan pneumonia, dan beberapa jenis bakteri staph lain bisa menyebabkan meningitis, radang tenggorokan dan mata merah. 

Lama-kelamaan, lip balm bakal sekotor dudukan toilet jika kebiasaan ini diteruskan. Namun Friedman memberikan trik jika Anda belum ingin mengganti lip balm dengan lip balm stick. 

"Ini akan sangat membantu jika anda mencuci tangan dengan baik sebelum menggunakan lip balm," katanya. Jakarta, CNN Indonesia
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Surat Keterangan Akreditasi FKM UNDIP

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi tentang Akreditasi FKM UNDIP... Silahkan download file di bawah ini... file sudah saya perb...

Find Us on Facebook

Blog Archives

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors


pinjaman utang