journey healthy future

Rabu, 19 Januari 2011

Pandemi Influenza “Panduan Praktis Bagi Masyarakat”

Sejarah telah mencatat, pada abad yang lalu telah terjadi tiga kali peristiwa pandemi influenza yaitu: “Flu Spanyol” di Amerika Serikat akibat penyebaran virus Influenza (H1N1) tahun 1918-1919 yang telah menyebabkan kematian sekitar 40-50 juta orang; kemudian peristiwa ke dua yaitu “Influenza Asia (H2N2)” yang menyebabkan kematian sekitar 2-4 juta penduduk; serta kejadian ke tiga berupa” Flu Hongkong (H3N2)” pada tahun 1968 dan menyebabkan kematian sekitar 1 juta orang.

Sehubungan dengan hal tersebut, Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) memperingatkan semua negara bahwa virus Avian Influenza (H5N1) yang saat ini telah menyebar di banyak negara di Dunia, berpotensi risiko signifikan untuk menyebabkan terjadinya pandemi Influenza berikutnya pada manusia, yang kemungkinan sama hebatnya dengan pandemi yang terjadi pada tahun 1918/1919 yang bakal menyebabkan kematian jutaan orang di seluruh dunia.

Ancaman terjadinya pandemi influenza sungguh nyata namun kita tidak mampu menyebutkan kapan akan terjadinya. Tetapi yang lebih penting kewaspadaan dan kesiapsiagaan agar dapat meresponnya secara cepat dan tepat. Untuk itu, diperlukan suatu Pedoman praktis untuk semua masyarakat agar memahami peran dan tanggung jawab masing-masing serta siap menghadapi dan bergerak cepat untuk mengurangi dampaknya begitu Pandemi Influenza terjadi.

Download selengkapnya di sini...
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Surat Keterangan Akreditasi FKM UNDIP

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi tentang Akreditasi FKM UNDIP... Silahkan download file di bawah ini... file sudah saya perb...

Find Us on Facebook

Blog Archives

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors


pinjaman utang